Senin, 20 Februari 2017

Tips Membuat CV di 2017

Tips Membuat CV di 2017

Penulis CV Eksekutif Laura Smith-Proulx mengatakan jangan membuat Manajer HRD memburu prestasi Anda. Sebaliknya keluarkan ringkasan mandiri tentang apa yang telah Anda capai.

Model CV yang sederhana dan menarik memungkinkan memberikan perhatian HRD pada suatu persuahaan. Oleh sebab itu, berikut beberapa tips membuat CV seperti dilansir dari Times: 

1. Perhatikan formatnya

Desain menjadi hal yang harus diperhatikan. Tampilan yang halus dan jelas dengan gaya yang cukup menggambarkan Anda percaya diri. Tambahkan juga poin-poin kecil berwarna mengenai diri Anda untuk memudahkan pembaca.

2. Maksimalkan bagian atas CV

HRD hanya melihat sepertiga bagian atas CV Anda untuk menentukan apakah akan melanjutkan membaca CV Anda ke bagian bawah atau ke halaman selanjutnya dan keputusan itu hanya membutuhkan tiga detik. Jadi bikin format untuk mengarahkan pembaca kepada poin-poin tentang sampel produk pekerjaan Anda seperti Linkedln, situs pribadi, alamat email, dan sebagainya.

3. Promosikan brand Anda

Sam Nolan, seorang penulis CV profesional dan blogger mengatakan ringkasan kualifikasi dalam CV Anda harus mempunyai nilai yang terbaik. Intinya untuk menyoroti apa potensi yang Anda miliki yang tidak dimiliki pekerja lain. "Ini adalah gambaran tingkat tinggi dari pencalonan Anda," ujar Sam.

4. Menekankan Kunci Keterampilan Anda

Tekankan apa keahlian Anda pada bagian atas untuk menarik perhatian manajer. Namun yang menjadi catatan, hapus frasa berlebihan seperti cepat belajar, pekerja keras, dan sikap yang baik dalam hard skill Anda.

5. Menyoroti Kinerja

Penulis CV Eksekutif Laura Smith-Proulx mengatakan jangan membuat Manajer HRD memburu prestasi Anda. Sebaliknya keluarkan ringkasan mandiri tentang apa yang telah Anda capai.

Ini adalah tempat lain dimana Anda ingin menyesuaikan campuran antara penghargaan dan tolak ukur untuk pekerjaan yang Anda tuju. Smith juga menyarankan mencari ulasan kinerja masa lalu untuk menghasilkan ide-ide baru.

6. Tampilkan data statistik

Ketika membuat CV, gunakan beberapa baris teks untuk membuat cerita tentang prestasi Anda selama ini, seperti kebijakan yang mengubah perusahaan sebelumnya, mengapa Anda bisa dipromosikan, dan sebagainya.

Kemudian akan lebih bagus jika menggunakan data statistik dalam mendeskripsikan pencapaian Anda untuk membuktikan Anda lebih dari kirteria yang diinginkan tempat Anda melamar.

7. Kontrol timeline Anda

CV Anda adalah pilihan riwayat kerja yang paling relevan. Menghilangkan pengalaman kerja saat magang atau menghilangkan tanggal kelulusan sebaiknya dipertimbangkan kecuali jika itu memang sangat penting.

Sumber : Biz & Tech

0 komentar:

Posting Komentar